Monday, July 9, 2012

Tips Membentuk Perut Rata Bagi Para Wanita

Sering berolahraga tetapi perut tetap berlemak? Sebelum anda menyerah dan membuang semua jeans hipster anda, mungkin ada baiknya jika anda mengerti bahwa ada tiga faktor yang terlibat dalam proses mendapatkan perut yang rata. Pertama adalah latihan, kemudian diet anda, dan yang terakhir adalah tingkat stress dalam hidup anda.
Latihan-latihan yang anda lakukan memang penting, baik jenis maupun frekuensinya. Walaupun demikian, apa yang anda makan (dan juga gaya hidup anda) tidaklah kalah penting. Stress, walaupun sering terdengar tidak penting, ternyata dapat menambah timbunan lemak di perut anda! Demikian juga makanan yang anda makan.
Bagi anda yang mendambakan perut rata, ada setidaknya 6 tips yang perlu anda ketahui:
1. Konsumsi Serat
Pada dasarnya, serat adalah bagian dari sayuran, buah-buahan dan biji-bijian yang tidak dapat dicerna oleh usus kita. Tips terbaik dalam menambahkan serat dalam diet anda adalah menambahkannya secara bertahap selama sebulan untuk mencegah terbentuknya gas di perut anda. Jangan lupa minum banyak air putih untuk mempercepat pergerakan serat dalam saluran pencernaan kita.

2. Jagalah Konsumsi Karbohidrat Anda
Rata-rata seorang wanita membutuhkan 1.800 kalori diet per hari, maka karbohidrat total yang anda makan harus berjumlah antara 202-292 gram. Jangan mengkonsumsi kurang dari 45% atau lebih dari 65% karbohidrat dari total kalori diet, karena anda akan mengalami kembung sehingga perut anda akan terlihat lebih besar. Tips yang dapat anda terapkan adalah dengan tidak makan fast food dan makanan kecil seperti kue-kue dan permen serta memperbanyak makan sayur dan buah-buahan serta serat.

3. Minumlah Air Putih
Ada anggapan bahwa minum air putih banyak-banyak akan membuat perut anda menjadi kembung. Sebenarnya, menurut Jeff Hampl, Ph.D., R.D. periset nutrisi dari Arizona State University, minum air putih yang banyak akan membantu untuk menggelontor kelebihan sodium dari dalam badan. Sodium inilah yang menyebabkan kembung.

4. Awasi Konsumsi Sodium Anda
Sodium dapat ditemukan pada garam, penyedap dan juga pengawet pada fast-food dan juga makanan restoran. Menurut National Academy of Science Amerika Serikat, seorang wanita rata-rata hanya membutuhkan 500 miligram sodium per harinya. Untuk menghindari kelebihan sodium, anda dapat memilih makan makanan segar dan minum air putih yang banyak.

5. Kurangi Stress
Stress memicu hormon kortisol yang akan menambah nafsu makan kita dan menimbun lemak di daerah perut. Untuk mengatasi akibat dari makan berlebihan, anda bisa coba untuk melakukan latihan kardiovaskular. Latihan ini terbukti sangat efektif untuk mengurangi lemak di bagian perut.

0 comments:

Post a Comment