Monday, July 9, 2012

Cara Mengembalikan Grub Yang Tertimpa Windows 7

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba menginstal Sistem Operasi terbaru dari Microsoft, Windows 7. Sebenarnya hanya untuk mencoba saja, merasakan seperti apa, yang katanya lebih bagus dari versi sebelumnya Windows Vista. Sebelum instalasi Windows 7 di laptop saya sudah terpasang Ubuntu 8.04 yang saya gunakan untuk bekerja setiap harinya dan Windows XP yang hampir tidak pernah saya gunakan . Instalasi Windows 7 dari DVD dan sudah dapat dibayangkan pasti hasilnya akan memakan banyak space hard disk. Betul saja, selesai instalasi Windows 7 dengan standar aplikasi bawaannya memakan space hard disk sebanyak 7,xx GB. Setelah beberapa waktu saya merasa sudah sudah cukup mencobanya dan ingin kembali ke Ubuntu 8.04, tapi saya belum sempat mengembalikan Grub Boot Loader nya. Lebih tidak baiknya, saat saya akan mengembalikan Grub Boot Loader, ternyata yang terjadi adalah DVDROM laptop saya rusak dan tidak dapat membaca CD maupun DVD. Cukup lama saya mencari-cari cara untuk mengembalikan Grub Boot Loader tanpa menggunakan CD atau DVD Linux, akhirnya saya dapat di sini.
Langkah-langkah yang saya lakukan adalah:
* Download GRUB for DOS di sini.
* Dari hasil download, extrak file zipnya kemudian copy file grldr dan grldr.mbr ke drive C:
* Buat file boot.ini di drive C: dan isi dengan baris berikut:
[boot loader]
timeout=0
default=c:\grldr.mbr
[operating systems]
C:\grldr.mbr=”Grub4Dos”
* Kemudian buat file menu.lst di drive C: yang isinya:
timeout 0
default 0
title grub2
find –set-root /boot/grub/core.img
kernel /boot/grub/core.img
boot
* Oia, kalo mau copy-kan file yang baru dibuat, jangan lupa untuk memindahkan file asli yang di drive C:..ke tempat lain…
* Restart, kemudian akan muncul pilihan Windows 7 dan Grub4Dos. Pilih Grub4Dos.
* Jika perintah find –set-root /boot/grub/core.img tidak berhasil, kembalilah pilihan dengan menekan sembarang tombol, kemudian tekan ‘c’ untuk masuk ke command line GRUB.
* Ketikkan perintah berikut:
1 find /boot/grub/stage1
hasilnya akan berupa “(hd0)” atau di tempat saya “(hd0,5)”. Masukkan hasil perintah di atas ke perintah berikut
1 root (hd0,5)
Saatnya sekarang menuliskan GRUB, untuk menuliskan GRUB di MBR ketikkan
1 setup (hd0)
Kemudian restart dengan perintah
1 reboot
* Setelah restart, maka GRUB Linux Anda sudah kembali.
* Masuk kembali ke Windows 7 Anda dan hapus file grldr, grldr.mbr, boot.ini dan menu.lst di drive C: untuk menghilangkan pilihan Grub4Dos di menu boot Anda.
* Selesai

0 comments:

Post a Comment