Saturday, June 16, 2012

Tragedi ingus berdarah

Tragedi ingus berdarah
Jadi ceritanya tuh, beberapa hari ini saya lagi ingusan (walaupun sekarang saya bukan lagi bocah ingusan). Dan tadi pagi, sewaktu mau mandi saya mendapati ada yang aneh dengan ingus saya. Awalnya saya mulai dari hidung yang sebelah kanan, singgg, keluar tuh ingus. Lalu hidung yang sebelah kiri, singgg, ternyata kali ini ada yang aneh dengan warna ingusnya. Kuning bercampur dengan merah. Saya kira itu darah, setelah saya periksa ternyata benar itu darah #halah.

Masa iya sih darah? Jangan-jangan itu adalah serangga yang masuk ke hidung saya, lalu terurai didalam dan akhirnya membusuk kemudian darahnya bercampur dengan ingus saya. Ngga mungkin. Setelah mandi, saya langsung gugeling. Takutnya saya kena penyakit aneh-aneh. Kebetulan di Yahoo! Answers ada yang membahasnya. Dari yang saya baca, kira-kira ini adalah akibat dari hentakan/hembusan yang terlalu kuat ketika ingin mengeluarkan ingus.

Hal ini menyebabkan dinding mukosa dihidung terluka. Jadi dinding kapiler yang sangat tipis itupun robek dan mengeluarkan darah akibat hentakan yang kuat tadi. Tapi, biasanya jumlah darah yang keluar ngga gitu banyak. Ngga sampe ngocor kayak orang mimisan. Nah, kira-kira begitulah penyebab ingusan bercampur darah yang barusan saya alami. Apa yang saya tulis diatas tadi bener ngga ya? Entahlah, cari aja digoogle kebenarannya.

Oia, masih di Yahoo! Answers. Ada beberapa tips supaya anda tidak mengalami tragedi ini, ingus berdarah.
1. Banyak minum air  (mau Aqua, Vit, Viro, ataupun merk-merk lainnya, atau mau godog sendiri? terserah, yang penting air putih). Minum air putih berguna untuk mengencerkan lendir, supaya mudah untuk dikeluarkan.

2. Jangan mengeluarkan ingus terlalu kuat, biasa aja, ngga usah lebay dan didramatisir.

3. Jika sakit berlanjut, hubungi dokter.

Terima kasih, saya Yus Yulianto dari jakarta.

Sumber : Yuslianto

0 comments:

Post a Comment